-->

cara membuat jaringan lan dengan mudah

Cara Membuat Jaringan Komputer topologi lan mudah

Seiring majunya teknologi informatika, mulai dibutuhkan cara membuat jaringan komputer atau network untuk melakukan bagi atau sharing pakai antara satu pengguna dengan pengguna lainnya. Hal ini akan sangat berguna di dunia perkantoran ketika ada file yang harus disampaikan ke seluruh karyawan. Penggunaan USB flash drive antara satu pengguna dan lainnya akan memakan waktu yang cukup lama, belum lagi paparan akan bahaya virus yang bisa merusak seluruh data pekerjaan.

Untuk pengguna client server rumahan atau kantor kecil, mereka cukup mencari cara membuat jaringan komputer sederhana yang terdiri dari beberapa perangkat tersebut. Langkah-langkah yang bisa ditempuh

Langkah-langkah Membangun Jaringan Komputer LAN:

1.  Sebelumnya anda harus mengetahui dahulu tipe jaringan yang ingin anda gunakan.untuk mengetahui tipe-tipe jaringan komputer

2.  Pasanglah kabel dan network card. Pemasangan kabel disesuaikan dengan topologi/tipe jaringan yang anda pilih sedangkan pemilihan network card disesuaikan dengan slot yang ada pada motherboard anda. Bila board anda punya slot PCI maka itu lebih baik karena LAN card berbasis PCI bus lebih cepat dalam transfer data.

3.  Bila anda menggunakan tipe bus maka pada masing-masing komputer harus anda pasang T-Connector yang memiliki dua input. Dan pada komputer yang hanya mendapat 1 input pada input kedua harus dipasang terminator kecuali bila anda membangun jaringan berbentuk circle(lingkaran) dimana semua komputer mendapat 2 input. Misalnya komp1,komp2,komp3 berjajar maka t-conncector pada komp1 dipasang terminator dan kabel ke komp2. Pada komp2 dipasang kabel dr komp1 dan kabel ke komp3. Sedangkan komp3 dipasang kabel dr komp2 dan terminator.

4.  Bila anda memilih tipe star maka masing-masing kabel dari komputer dimasukkan ke dalam port yang tersedia di hub. Dan bila anda ingin menghubungkan hub ini ke hub lainnya anda gunakan kabel UTP yang dimasukkan ke port khusus yang ada pada masing-masing hub. Langkah selanjutnya dadalah sebagai berikut : Pilih Sistem Operasi yang sesuai, Mis : Windows atau Linux Persiapkan Komputer Server yang memadai, sesuai dengan jumlah klien. Pilih Jenis Jaringan, Mis: Jaringan Kabel atau Wireless.

Baca juga:  Perbedaan lan wan man

Alat untuk membangun sebuah jaringan LAN

1.  Router
Router adalah jantung pada sebuah jaringan. Router berfungsi untuk menghubungkan jaringan satu dengan jaringan lain. Dalam kasus ini, router menghubungkan jaringan internet dengan jaringan LAN

2.  Switch
Berbeda dengan router, switch berfungsi untuk menghubungkan masing-masing komputer pada sebuah jaringan LAN

3.  Ethernet Card
Ethernet card adalah sebuah adapter untuk mencolokkan kabel ethernet sehingga komputer bisa tersambung menuju jaringan. Biasanya, pada komputer-komputer terbaru, kartu ini telah disematkan secara onboard sehingga anda tidak perlu untuk membeli lagi.

4.  Ethernet Cable
Yaitu kabel yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke router atau bisa juga komputer satu dengan komputer lain. Ujung pada kabel ini diberi sebuah konektor yang disebut RJ-45. RJ-45 memiliki 2 settingan, yaitu straight dan cross. Straight digunakan untuk menghubungkan komputer ke router sedangkan cross digunakan untuk menyambungkan komputer langsung dengan komputer.

5.  Modem
Jika anda ingin menghubungkan jaringan anda ke internet, maka anda juga harus membeli sebuah modem. Jika anda tidak membeli sebuah modem, maka komputer anda hanya bisa berkomunikasi dengan komputer lain yang terdapat pada jaringan LAN tersebut.

Peralatan lain
Crimping tool, LAN tester, gunting, multimeter.



Gambar di atas adalah gambaran pembuatan jaringan lan:

Mengaktifkan Internet Melalui Connecting Sharing

ICS bertujuan untuk membagikan koneksi internet komputer host menuju komputer lainnya.
Untuk mengaktifkan ICS pada komputer server,  silahkan buka Control Panel, klik Network and Internet, klik Network and Sharing Center, klik Change Adapter Center, Klik kanan pada koneksi yang ingin anda bagikan, klik Properties, klik tab Sharing,  lalu centang kotak Allow other network users to connect through this computer’s Internet connection, simpan. Oke, sampai tahap ini, hanya komputer server yang bisa terhubung ke internet
Setelah koneksi dibagikan, maka masing-masing komputer harus mendapatkan IP address. Caranya,

1.  buka Control Panel, klik Network and Internet, klik Network and Sharing Center, klik Change Adapter Center.

2.  Klik kanan pada Koneksi LAN, Klik Properties

3.  Klik Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) atau Internet Protocol Version 6 (TCP/IPv6),
kemudian pilih properties

4.  klik Obtain an IP address automatically atau Obtain an IPv6 address automatically.




1 Response to "cara membuat jaringan lan dengan mudah"

  1. Nah ini tutorial lengkap cara membuat jaringan komputer topologi lan mudah sangat membantu gan, kebetulan saya ingin membangun jaringan wifi ditempat saya..
    Terima kasih gan udah berbagi info seputar jaringan..

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang relevan dan sopan demi kepentingan kita bersama

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel